Dimanakah Allah Berada Menurut Ajaran Agama Islam

dimanakah allah berada

Dimanakah Allah Berada

Jagan ulangi lagi ucapan,” kalau Tuhan itu ada di atas”.

Jika kita seorang yang percaya akan ada-nya Tuhan, bukan tidak mungkin pertanyaan ” Dimana sebenarnya Tuhan itu berada ?,pernah singgah didalam lubuk hati kita, baik itu pada masa kanak – kanak, remaja, dewasa maupun hingga saat ini dan yang sudah manula sekali-pun, pasti pernah terbersit pertanyaan tersebut. Dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan sedikit dan sekaligus mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut. Baik saya ulangi kalimat tersebut : “ Dimanakah Allah berada menurut ajaran agama islam ?” dan ini menurut ajaran agama islam, mohon maaf jika non muslim mungkin jawabannya akan berbeda. Apa pun jawabannya akan saya kembalikan kepada kepercayaan dan keyakinan masing – masing.

Tidak jarang kita sebagai umat muslim sudah lumrah mengucapkan kalimat ” Sudahlah kita serahkan saja sama yang diatas”. Lihat dan perhatikan kalimat tersebut, apa iya ..Allah itu ada diatas. Mohon berhati – hati dengan ucapan kita karena secara tidak langsung kalimat tersebut akan menggiring kita kepada syirik khafi ( halus ). Mengapa ?,karena Allah itu tidak bertempat namun Dia-lah yang menciptakan tempat. Yang bertempat adalah mahluk, sedang Allah bukan mahluk.

Ketika kita berada dalam satu ruangan, dengan mudah kita menunjuk sebuah lampu yang ada diatas dan lantai ada di bawah itu artinya keberadaan kita lebih kecil dari pada ruangan tersebut dan kita artinya bertempat. Coba renungkan sampai keluar angkasa, disana terdapat bintang – bintang, planet – planet dan entah apa lagi yang ada disana. Benda – benda tersebut menempati luar angkasa dan artinya luar angkasa lebih besar dari pada benda – benda tersebut. Jika Allah ada di atas itu berarti Allah lebih kecil dari pada angaksa luar. Dan hal ini tidak mungkin karena Allah itu Maha Besar ( Allahu Akbar ).

Jadi kalimat yang mengatakan kalau Allah itu ada di atas, sebaiknya dipikir – pikir dulu. Kalimat yang lebih baik diucapkan dan yang bisa diterima sesungguhnya, Allah itu meliputi segala sesuatu. Hal ini diperkuat dengan ayat yang terkandung di dalam Al-quran sbb :

“Kepunyaan Allah-lah apa yang ada di langit dan di bumi, dan Allah Maha meliputi segala sesuatu”. ( Q.S Annisa : 126).

Best Quality Custom Case Klik Gambar :

” Ingatlah sesungguhnya mereka adalah dalam keraguan tentang pertemuan dengan tuhan mereka. Ingatlah, bahwa sesungguhnya Dia Maha Meliputi Segala sesuatu”.( Q.S Fussilat : 54 )

” Dan Allah meliputi orang – orang yang kafir”. ( Q.S Al-Baqarah : 19 )

” Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka dimanapun kamu menghadap disitulah wajah Allah”. ( Q.S Al-baqarah : 115 ). Namun jagan salah paham dengan kata “wajah”, kata ini dipakai hanya untuk pemahaman, yang sebetulnya Allah itu tidak serupa dengan mahluk yang mempunyai wajah.

Untuk dipahami bahwa kata meliputi tidak merujuk kepada arah tapi lebih bersifat meyelubungi. Jadi Allah tidak bertempat dan tidak menempati suatu tempat karena Allah-lah yang menciptakan tempat dan kepunyaan-Nya lah segala tempat. Jadi bagi kita seorang muslim, jagan pernah lagi mengucapkan kalimat ” Serahkan kepada yang di atas”. Sebut saja namanya langsung, yaitu Tuhan atau pun Allah.Swt ( bagi kita seorang muslim ). Demikianlah penjelasan singkat tentang pertanyaan, dimanakah Allah berada menurut ajaran agama Islam ?, kurang dan lebihnya saya mohon maaf atas segala kesilapan dan sudi-lah teman – teman untuk memperbaiki-nya.

( Allahua’lam )

Namun bagaimana-kah jika anak kita yang bertanya dimanakah Allah berada ?. Nanti akan saya sambung lagi pada artikel selanjutnya, karena jika kita jelaskan kepada anak kita sebagaimana rincian di atas malah akan membuat ia semakin bingung.

Daftar Dropship/Reseller Custom CaseKlik Disini
+