Penghasilan Tambahan dari Bisnis Lele

Penghasilan Tambahan dari Bisnis Lele

Penghasilan Tambahan dari Bisnis Lele

Penghasilan tambahan dari bisnis lele ini sangat menguntungkan. Jika kita bandingkan dengan ikan yang hidup di air tawar lainnya, ikan lele lebih cepat bertumbuh besar. Untuk memasarkan ikan lele yang kita ternak tidak membutuhkan waktu yang begitu lama. Cukup 3 bulan saja kita sudah bisa panen ikan lele peliharaan kita.

Disamping itu pasaran ikan lele ini tidak pernah sepi dengan harga yang tetap stabil sekitar 8 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah per kilo-nya kita sudah bisa meraup keuntungan dari usaha ini. Peminat ikan lele kebanyakan memilih ikan yang dalam timbangan satu kilo gramnya sebanyak 8 ekor.

Untuk berternak ikan lele hal yang paling utama yang semestinya kita perhatikan adalah kulitas dari benih, serta air tempat kita mengembangkan benih dan juga makanan ikan tersebut. Untuk kolam ternak tidak begitu menjadi masalah, kita bisa menggunakan tembok, galian tanah ataupun yang lebih simple menggunakan terpal.

Pastikan air dari kolam ikan lele kita bersih, dalam arti tidak tercemar oleh sesuatu yang bisa membuat ikan kita mati, dan untuk benih usahakan kita ambil langsung dari suplayer khusus menjual benih ikan lele yang baik. Dengan demikian kita bisa mengetahui keunggulan dari benih tersebut.

Yang menjadi masalah utama juga adalah pakan ikan lele tersebut, cari lah atau kita bisa beli pakan jadi yang telah dibuat oleh pabrik dengan kandungan protein yang cukup sekitar 32% keatas. Disamping makanan pokok tersebut ikan lele juga bisa kita beri makanan tambahan seperti dari limbah peternakan, bangkai ayam, telur yang telah dikerami namun tidak menetas namun sebelumnya mesti dipanasi atau dibakar terlebih dahulu dan bisa juga kita masak terlebih dahulu.

Bagaimana cara memulai ternak untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis lele ?

Yang pertama mesti dipersiapkan adalah tempat atau kolam untuk menampung ikan lele tersebut. Ukauran kolam tidak perlu terlalu besar, paling tidak kita mempersiapkan lahan sekitar 100m persegi, atau bisa juga membuat kolam dengan ukuran 2-3 m yang dapat menampung 100 sampai dengan 150 ekor per meter perseginya. Untuk harga benih dipasaran biasanya berkisaran antara 250 rupiah hingga 300 rupiah per ekor.

Best Quality Custom Case Klik Gambar :

Untuk dapat panen sekitar 900 kilo gram kita mesti menyiapkan makanan pelet lebih kuran 1 ton, dan pemeliharan dengan masa lebih kurang 60 – 80 hari. Yang perlu diperhatikan setelah jalan 30 – 40 hari pertama kita harus menyortir benih – benih ikan yang sudah bertumbuh besar. Hal ini di khawatirkan ikan yang sudah bertumbuh besar tersebut akan memakan benih lain yang masih dalam pertumbuhan.

Teknologi probiotik bisa kita gunakan jika kita menggunakan kolam berbahan terpal ataupun beton dan pemupukan pada air mestinya kita lakukan juga, Untuk suplai oksigen usahakan menjadikan air dikolam berwarna hijau. Jika kita menggunakan teknologi tersebut dalam kurun waktu sekitar 90 hari kita akan mendapatkan 140 gram per ekor atau 7 ekor ikan per kilonya. Namun dengan teknologi ini kita mesti jeli dan teliti dalam hal pengolahan kualitas air.

Sebelum menebar ikan kekolam, air di dalam kolam mesti kita beri pupuk terlebih dahulu, kita bisa menggunakan pupuk kandang, urea, tsp dan sbg nya. Setelah diberi pupuk diamkan air dalam kolam selama lebih kurang satu mingggu. Hal ini dilakukan supaya air di dalam kolam terdapat plankton yang terbentuk secara alami. Untuk kolam lele sebaiknya air tidak bergerak, dalam arti tidak ada aliran air. Karena ikan lele sangat sensitip terhadap pergerakan atau perubahan air, terkadang ikan lele sering meloncat untuk mencari sumber dari air yang mengalir.

Berapa sebaiknya kedalam kolam untuk peluang usaha penghasilan tambahan dari bisnis lele ini ?

Untuk memulai usaha setidaknya kita menyediakan kolam dengan ukuran 10 x 10 meter persegi, dengan kedalaman kolam 120 cm. Ketinggian air kita atur sekitar 80 cm. Untuk ukuran tersebut kita bisa menebar benih sebanyak 10.000 ekor. Dan pemberian makanan 4 kali dalam sehari. Dalam 40 hari kita bisa panen sekitar 1,2 ton.

Estimasi penghasilan tambahan dari bisnis lele ini dengan modal sekitar 7,5 juta untuk membeli bibit dan makanan ikan tersebut. Setelah 40 hari atau sekitar satu bulan bisa menghasilkan 10 juta. Jika kita belum kuat modal, bisa memulai dengan membeli benih sedikit demi sedikit dan menggunakan kolam yang tidak terlalu besar. Dengan demikian kita bisa menghemat biaya pada saat baru memulai. Setelah mendapat keuntungan, nantinya kita bisa mengembangkan usaha kita tersebut dengan membeli benih yang lebih banyak dan membuat tambak lebih banyak.

Baca juga : Melirik Peluang Usaha Keripik Pisang Coklat

Add a Comment

Your email address will not be published.

Daftar Dropship/Reseller Custom CaseKlik Disini
+