Tips Menumbuhkan Keberanaian pada Anak Balita Sejak Dini

Mengatasi Anak Kurang Percaya Diri

Mengatasi-Anak-Kurang- Percaya-Diri

Kita sebagai orang tua sudah patut untuk dapat mendidik anak dengan baik. Anak yang pintar, cerdas serta patuh terhadap orang tua dan agama menjadi dambaan bagi setiap insan. Untuk dapat mendidik anak agar menjadi seperti yang kita inginkan harus lah sudah ditanamkan sejak masa balita. Hal yang paling utama adalah bagaimana cara menumbuhkan keberanian pada anak balita sejak dini, sehingga dengan pembentukan karakter tersebut, seorang anak akan menjadi percaya diri sampai dia tumbuh dewasa.

Pembentukan karakter anak biasanya sangat berpengaruh dari lingkungan keluarganya terutama terhadap sikap dan tingkah laku kedua orang tua. Seiring waktu dalam masa pertumbuhannya, kemudian faktor yang mempengaruhi karakter tersebut bisa dari lingkungan luar disekitar dan dimana ia berada. Namun ketika pembentukan karekter tersebut sudah kita mulai sejak dini saat ia balita, faktor lingkungan luar tidak akan berpengaruh kuat terhadap dirinya, karena dasar dan benteng pertahanan sudah kita tanamkan kepada dirinya.

Tips menumbuhkan keberanian pada anak balita sejak dini, bisa dilakukan dengan cara sederhana sebagai berikut . . . .

Jangan pernah menakut – nakuti anak pada saat balita, walaupun terkadang anak kita rewel.

Sering kali pada point ini, secara tidak sengaja atau sudah menjadi kebiasaan bagi kita sebagai orang tua, selalu menakuti anak ketika anak kita sedang rewel ataupun bandel . Contoh kecil, ketika anak disuruh tidur ia menolak, karena jengkel kita menakutinya dengan sesuatu yang membuat ia takut hingga ia akhirnya dengan terpaksa harus tidur. Contoh : “ kalu tidak mau tidur nanti kamu digigit anjing”, dan masih banyak contoh lainnya, misal : “Ayo tidur, lihat hari sudah gelap nanti kamu ditangkap hantu kalau tidak mau tidur”.

Hal ini akan berdampak negatif terhadap rasa keberanian anak tersebut, secara tidak sengaja sugesti tersebut sudah ter-rekam di dalam alam bawah sadarnya, dan setiap kali ia melihat anjing ia akan merasa ketakutan dan ketika malam datang ia juga akan merasa ketakutan dan berlanjut sampai ia tumbuh dewasa, hal ini akan selalu menakuti hidupnya. Dan ini akan berdampak pada rasa percaya diri anak tersebut. Terutama ketika kita melarang ia melakukan sesuatu, dan kata tersebut biasanya terucap seperti ini : “ jangan lakukan itu nanti kamu jatuh”, “ jangan lakukan itu nanti tangan mu kotor. Walah . . gimana mau belajar kalo takut kotor … ha …ha …, ini dilarang itu dilarang dan akhirnya ia tidak akan berkembang karena takut melakukan sesuatu.

Best Quality Custom Case Klik Gambar :

Biarkan anak kita sebebas yang ia mau, jangan pernah ada kata “tidak” atau pun “jangan” terhadap anak kita yang masih balita. Biarkan ia berkreasi sendiri, biarkan ia belajar dari pengalamannya sendiri, tugas kita sebagai orang tua cukup mengawasi kegiantannya agar terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan pada saat ia bermain. Ketika rasa percaya diri anak sudah tumbuh hal apa pun dan kreatifitas lain akan mengikutinya karena ia tahu ia mampu melakukannya tanpa ada rasa takut akan kegagalan.

Tips lainnya

Obat Diabetes Alami dari Tumbuhan Sayuran

Semangat Pantang Menyerah dalam Kegiatan Usaha Sendiri

Tips Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Komputer

 

Daftar Dropship/Reseller Custom CaseKlik Disini
+